Profil

Evy Indahwaty, Kejujuran dan Kompetensi, Nilai yang Diperjuangkan dalam Meraih Kesuksesan

MajalahKebaya.com, Jakarta – Kerja keras dan kesungguhan hati untuk meraih apa yang sudah diimpikan merupakan komitmen dalam memperjuangkan harapan. Namun menurut Evy Indahwaty, perempuan kelahiran Jember 12 April, ada tiga hal lain yang mendukung seseorang mampu meraih kesukesan yaitu kejujuran, karakter dan mental kuat.

Kesuksesan bukan berangkat dari seseorang yang memiliki kepintaran atau pengetahuan, tetapi kejujuran yang dibanggakan sehingga dapat dipercaya orang lain. Karakter positif yang berani mengembangkan diri, terbuka dan didukung mental kuat menjadi strategi selanjutnya untuk menyempurnakan usaha yang diupayakan. Knowledge is power but character is more, kalimat yang menyederhanakan pemikiran Evy dalam menggapai mimpi-mimpinya.

“Kepintaran itu nomor dua, tetapi kejujuran, karakter, keinginan untuk terus belajar meningkatkan kapasitas diri, mental yang tidak mudah menyerah dan selalu berpikir positif menjadi cara pasti untuk meraih apa yang diimpikan. Kemauan untuk belajar ini yang saya tanamkan dan saya sekarang banyak belajar dari anak muda mengenai teknologi.”

Pilihan Sebagai Entrepreneur. Ibunda dari Sendy Reza Davian, S.T., M.T (ASN Kementerian PUPR) dan dr. Rania Merriane Devina (Dokter di Klinik Beyoutiful dr.Tompi) ini, ternyata berhasil mengaplikasikan perjalanan kariernya sebagai karyawan swasta, dengan membangun perusahaan sendiri, PT. Syera Jaya, PT. Tiga Srikandi Indonesia dan Butik Rolla. PT Syera Jaya dan PT. Tiga Srikandi Indonesia yang bergerak di bidang pengadaan barang dan jasa mulai dikelola pada tahun 2020 dan 2021. Tentu ini menjadi langkah awal yang menantang ketika seorang profesional harus beralih tanggung jawab sebagai owner bisnis.

“Saya selalu mencari sesuatu yang menantang di setiap karier yang saya jalani. Dua tahun ini saya mengelola bisnis di PT. Syera Jaya dan targetnya adalah perusahaan multinasional dan pemerintah. Alhamdulillah kami sudah dipercaya oleh beberapa instansi pemerintahan dan perusahaan multinasional. Perusahaan kami sempat fokus pada alat-alat kesehatan di masa pandemi kemarin. Lalu di tahun 2021, kami fokus di pengadaan barang dan jasa dan mendirikan PT. Tiga Srikandi Indonesia.

Sebelumnya penggemar traveling dan memasak ini mengawali kariernya dari nol. Evy pernah bekerja sebagai staff Customer Service Bank Niaga, berkarier di Adira Finance, Suzuki Finance, Radana Finance Tbk (grup Trakindo) dan hingga dipercaya menjadi CEO di Radana Finance Tbk. Kariernya sangat baik dan ia pernah mendapatkan penghargaan 10 CEO Terbaik pilihan karyawan versi Majalah WSA, menjadi CEO Terbaik di bidang multifinance versi Majalah Women Review dan Majalah Obsession. Ia juga sempat berkarier di Adira Finance dan Suzuki Finance tentunya dengan pencapaian yang gemilang dan bermanfaat bagi perusahaan.

“Setelah mencapai puncak karier menjadi CEO, saya punya cita-cita menjadi pebisnis. Setelah tujuh tahun berdedikasi di perusahaan terakhir, saya meminta ijin kepada owner untuk mendirikan perusahaan saya sendiri. Akhirnya hadirlah PT. Syera Jaya, PT. Tiga Srikandi Indonesia dan juga Butik Rolla.”

Syera Jaya merupakan perusahaan yang digagas oleh para praktisi muda yang memiliki fokus perhatian dan kegiatan pada bidang pengembangan kewirausahaan dalam pemenuhan kebutuhan pangan, papan dan kesehatan. Berbekal kesamaan pandangan, para praktisi muda ini bersepakat untuk terlibat langsung dalam penyediaan dan penyaluran produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan, papan, dan kesehatan bagi masyarakat luas.

Evy sebagai lulusan Diploma Administrasi Bisnis Universitas Jember dan Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Moch Sroedji Jember berpengalaman dalam menerapkan praktik bisnis terbaik yang meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya pengoperasian dengan meningkatkan produktivitas dan pendapatan sesuai anggaran. Evy juga memiliki sikap profesional dan kemampuan bersikap fleksibel serta menangani perubahan dengan cara yang positif.

“Di dalam berbisnis kita ketemu berbagai macam orang dan dari sana saya belajar bagaimana menjalankan bisnis dengan baik. Jika ada tantangan saya selalu memahami bahwa tidak ada segala sesuatu yang berjalan dengan mulus. Ini menjadi cara saya untuk menambah knowledge dan kompetensi agar dapat berkembang dengan lebih baik lagi.”

Orang Tua Figur Terbaik. Evy terinspirasi sosok kedua orang tuanya dalam berkarier sebagai pengusaha dan bertahan hidup. Ibunya survive membesarkan kelima anaknya ketika Sang Ayah meninggal dunia.

“Kedua orang tua saya adalah sosok yang menginspirasi. Ketika Ayah meninggal dunia, Ibu membesarkan kelima anaknya dengan sukses. Awalnya Ibu tidak pernah sama sekali bekerja, tapi bisa mengusahakan agar kami semua bisa merasakan kehidupan yang baik.”

Setelah kedua orang tua, Evy terinspirasi Bapak Robby Johan yang sudah berhasil mencetak pemimpin-pemimpin karena ketegasannya. Sosok tersebut mampu memberikan kontribusi kepemimpinan yang positif meskipun berada di kondisi apapun.

“Beliau selalu menularkan ilmunya kepada saya dan inspirasi selanjutnya adalah Bapak Stanley Atmadja karena beliau adalah pengusaha sukses yang berawal dari pekerja biasa. Sedangkan kalau tokoh inspirasi dari luar ada Obama yang mengajarkan saya bahwa tidak ada yang tidak bisa kalau kita mau bekerja keras serta bisa menerobos segala sesuatu yang dirasa sulit atau tidak mungkin.

Kontribusi Perempuan di Indonesia. Perempuan Indonesia memiliki karakter kuat, hebat dan lemah lembut. Banyak perempuan yang tumbuh menjadi pribadi tangguh dan pekerja keras. Namun menurut Evy, perempuan harus mengingat kodratnya sebagai ibu.

“Kita sebagai perempuan harus benar-benar memikirkan bagaimana mendidik anak agar mereka bisa menjadi pemimpin yang mampu memimpin diri sendiri dan keluarganya.”

Perempuan yang berani melakukan introspeksi diri, memperbaiki akhlak dan menjadi sosok ibu bijaksana untuk anak-anaknya, maka akan dengan mudah memberikan kontribusi untuk bangsa. Kebanyakan perempuan memiliki kemampuan multitasking untuk mengurus rumah tangga dan bekerja bagi yang memutuskan untuk bekerja. Tuntutan besar dan penuh tanggung jawab ini yang seharusnya menjadi perhatian khusus agar perempuan memiliki kesehatan prima dan kesehatan mental yang baik.

“Dari perempuan ini nantinya akan lahir cikal bakal yang baik atau buruk. Jadi harus dipikirkan dari kesehatan dan gizi, sehingga ketika melahirkan dengan kondisi normal dan memberikan kontribusi positif untuk bangsa ini. Laki-laki dan perempuan sebagai suami istri harus saling mendukung karena di tangan perempuan ini akan tumbuh generasi muda yang terlibat positif untuk membangun bangsa.”

Me Time. Padatnya aktivitas membuat Evy berusaha menyeimbangkan antara pekerjaan dan me time agar tubuh tetap bugar. Dua kegiatan yang menyenangkan bagi Evy untuk meningkatkan kebahagiaan diri adalah memasak dan jalan-jalan.

“Belanja ke tempat peralatan dapur, pasar atau jalan-jalan membuat energi saya kembali kalau sedang full kegiatan. Selain itu saya suka masak dan melihat masakan sendiri dinikmati keluarga itu membuat bahagia.”

Resolusi 2024. Tidak ada perjalanan karier tanpa inovasi atau pencapaian yang diharapkan. Dari tahun ke tahun pastinya ada perubahan yang diharapkan demi proses perbaikan diri menjadi lebih baik. Begitu pun dengan Evy yang berharap diberikan kesehatan, kebahagiaan dan kesuksesan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik.

“Saya berharap di 2024 bisa berjalan dengan baik minimal meningkatkan omset dua kali lipat dari yang sebelumnya. Saya juga berharap bahwa apa yang saya lakukan ini bisa memberikan kontribusi untuk banyak orang. Intinya bukan untuk diri saya sendiri, tetapi bagaimana saya dapat memanfaatkan sisa waktu ini untuk kebaikan.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top