Kuliner & Hangout

Wisata Pantai Indah Kapuk (PIK): Wisata Alam hingga Kuliner yang Memanjakan Hati

MajalahKebaya.com, Jakarta – Tak jauh dari pusat kota Jakarta, Kawasan Pantai Indah Kapuk menawarkan pesona wisata nan eksotis. Mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner siap memikat dan memanjakan hati, apalagi di tengah penatnya hiruk pikuk metropolitan.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke (TWA) Kapuk adalah kawasan konservasi alam mangrove seluas 99,82. Surga hijau seluas 99,82 hektar ini terletak di Kelurahan Kamal Muara yang bersebelahan dengan kawasan elit Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara. Lokasinya membuat sangat mudah untuk dikunjungi baik melalui akses Tol Dalam Kota maupun Tol JORR atau dengan transportasi umum seperti Bus TransJakarta yang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam.

Tempat wisata PIK ini merupakan kawasan konservasi mangrove alami yang digunakan untuk rekreasi dan pariwisata. Selain itu, perannya sebagai habitat dan tempat berlindung sejumlah satwa liar juga tidak kalah penting. Ekosistem alam Taman Wisata Angke Kapuk dan berbagai fasilitas pendukungnya memiliki pesona lingkungan alam yang merupakan habitat berbagai flora dan fauna. Taman ini diresmikan Pemerintah pada 25 Januari 2010.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan ini. Berkemah misalnya, kebayangkan bagaimana berkemah menyatu dengan alam di tengah hutan. Pengunjung bisa membawa peralatan tenda sendiri atau menyewa pondok kemah yang telah disediakan TWA Angke Kapuk. Pondok kemah berkapasitas dua orang itu dipatok dengan harga Rp 450 ribu untuk non-AC dan Rp 600 ribu dengan AC per malam.
Selain pondok kemah, TWA Angke juga memiliki vila-vila pondok alam yang berkapasitas 4-20 orang. Camping ground itu juga dilengkapi arena untuk api unggun. Menikmati gemerlap bintang di tengah hutan mangrove pasti sangat menarik.

Selain berkemah banyak pilihan lainnya, misalnya melintas jembatan gantung dan menara pengamat burung. Kedua spot ini merupakan lokasi favorit pengunjung untuk berfoto. Jembatan gantung mudah ditemukan, karena terletak di pinggir jalan paving. Namun untuk mencapai jembatan pengamat burung, pengunjung harus menyelesaikan rute setapak mangrove karena lokasinya berada di ujung. Tak hanya burung, di sini Anda bisa melihat gedung tinggi di kawasan Pantai Indah Kapuk yang bisa menjadi objek foto menarik.
Tak hanya itu, di TWA pengunjung juga bisa melakukan wisata air dengan menggunakan perahu motor menyusuri hutang mangrove. Seru sekali, sensasi menyusuri hutan mangrove akan seperti menyusuri hutan-hutan di daeah Kalimantan. Dengan lokasi yang alam banget, lokasi ini kerap dipakai oleh pengunjung untuk melakukan sesi foto pre wedding. Saat menelusuri kawawan ini pengunjung akan menemui banyak monyet yang memang dibiarkan berkeliaran bebas.

Pantai Pasir Putih PIK 2

Pantai Pasir Putih PIK 2 telah menjadi perbincangan banyak wisatawan sejak dibuka kembali untuk umum sekitar tahun 2020. Pantai dengan pasir putih buatan ini telah menjadi ikon tersendiri di sepanjang pantai tujuan wisata, sehingga membuat pengunjung penasaran. Di lokasi ini pengunjung juga bisa menyantap berbagai makanan, terutama makanan laut, serta menikmati suasana pantai yang indah. Keindahan pantai bisa disantap dengan santai.

Pantai ini tepatnya berlokasi di Jalan Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Jaraknya 29 kilometer (km) dari Jakarta Pusat dengan lama berkendara sekitar setengah jam. Dari Monumen Nasional, Jakarta Pusat, wisatawan bisa melaju ke Jalan M.H. Thamrin, lalu masuk ke Jalan Gatot Subroto dan Jalan Tol Cawang Grogol. Ikuti jalur tersebut hingga berganti ke Jalan Tol S. Parman.

Garis pantai di kawasan ini cukup panjang, yakni empat kilometer, dan ditanami pepohonan palem di sejumlah titik. Satu aktivitas yang tidak dapat dilakukan adalah berenang di kawasan pantai. Pengunjung hanya dapat menikmati deburan ombak dari pesisir pantai saja. Meskipun begitu, masih terdapat aktivitas lain yang dapat dilakukan selain berenang. Wisatawan bisa menikmati pemandangan laut sembari duduk-duduk di tepi pantai. Pasir di Pantai Pasir Putih PIK 2 cukup lembut, sehingga nyaman untuk dijadikan lokasi untuk gelar tikar dan piknik.

Jika tertarik untuk berpiknik di pantai ini, wisatawan diperbolehkan untuk membawa makanan dari luar. Namun, perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan pantai dan tidak membuang sampah makanan sembarangan. Kawasan pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas jogging track untuk kegiatan olahraga, di antaranya jogging dan bersepeda. Di pinggir pantai tersedia sentra wisata kuliner yang menyediakan aneka ragam pilihan makanan Asia dan Nusantara.

Kawasan Pantai Pasir Putih PIK 2 dilengkapi dengan sejumlah sarana pelengkap. Di antaranya adalah area parkir, musala, toilet umum, live music, dan food court. Wisatawan dapat berkunjung ke pantai ini tanpa dipungut biaya, alias gratis. Kawasan pantai buka pada pukul 15.00-21.00 WIB. Karena jam operasionalnya yang cukup singkat, pastikan untuk datang tepat waktu agar terhindar dari keramaian.

Cove at Batavia PIK

Destinasi ruang terbuka kini semakin dicari oleh masyarakat. Terlebih di masa pandemi, aktivitas di ruang terbuka cenderung lebih meminimalisasi risiko penularan Covid-19. Cove at Batavia PIK adalah salah satu tempat nongkrong baru yang bisa menjadi pilihan jika Anda mencari tempat nongkrong dan berburu kuliner di ruang terbuka. Destinasi seluas 4.555 m2 yang berlokasi di kawasan Golf Island PIK ini memungkinkan para pengunjung untuk bersantai sambil menikmati semilir angin di tepi laut. Dilengkapi dengan jembatan cantik dan panggung pertunjukan. Menciptakan suasana yang sangat romantik layaknya Venezia.

Digagas oleh Amantara, sebagai bagian dari Agung Sedayu Group, Cove at Batavia PIK hadir dengan konsep desain ritel yang mengadaptasi lebih sejalan dengan gaya hidup konsumen masa kini, yang lebih antusias terhadap destinasi open space. Cove merupakan ruang publik yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat domestik dan internasional, yang terletak di tepi laut, tepatnya di kawasan Golf Island. Cove merupakan area esensial di Batavia PIK yang merupakan pusat retail modern dengan menghadirkan eksplorasi perjalanan dan esensi histori ibukota Jakarta. Batavia PIK diharapkan menjadi pusat destinasi tempat meleburnya berbagai latar belakang gaya hidup, kultur dan hiburan dalam konteks yang modern. Cove at Batavia PIK merupakan ruang ekspresi dan aspirasi generasi muda.

Apa saja yang tersedia di Cove at Batavia PIK yang merupakan outdoor mall terbesar di kawasan Asia? Sejumlah gerai yang tersedia di Covee at Batavia PIK juga menawarkan konsep tempat yang unik. F&B Conceptor GIOI, misalnya, di Cove PIK ini menghadirkan Talassa by GIOI, sebuah restoran yang memberi kesempatan pada pengunjung untuk menikmati suguhan hidangan di atas kapal Phinisi sambil menikmati pemandangan laut dan menikmati embusan angin laut yang hangat. Beberapa gerai kuliner yang juga hadir di sana seperti Sushi Hiro, Cosmic Dog, Gelato Secrets, Hiyoten, Living Stone, Oyster Dealer, Pancious Go, dan lainnya. Penikmat kuliner, seperti Ask for Patty, Lawless Burger, dan Pizzza Dealer, juga bisa memesan menu favorit dari gerai tersebut di utara Jakarta ini. Op

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × 4 =

To Top