Profil

Nurul Annisa: Bisnis Berkembang Pesat karena Utamakan Kualitas dan Pendekatan Kekeluargaan

MajalahKebaya.com, Jakarta РPerpaduan antara latar belakang pendidikan, keahlian, pengalaman, passion, dan moment yang tepat dalam menentukan pilihan bisnis, pasti akan menciptakan peluang yang sangat besar meraih kesuksesan. Itulah langkah cerdas penuh keyakinan yang diambil oleh wanita cantik, Nurul Annisa yang didukung penuh oleh suaminya, Muhamad Hafidz, ketika memutuskan terjun ke dunia bisnis bidang kesehatan, justru di tengah-tengah masa krisis Pandemi Covid 19.  Maka berdirilah Klinik Pratama Medisa, yang berlokasi di Jakarta Barat, pada tahun 2021, di mana saat itu Omicron sedang tinggi mewabah dunia, termasuk Indonesia.

Memulai bisnis di masa pandemi tentu sangat spekulatif dan berisiko, karena saat itu hampir semua bisnis terdampak sangat berat dan banyak yang gulung tikar. Tidak bagi Annisa. Ia yakin justru jasa kesehatan lah yang sangat dibutuhkan semua orang saat itu. Maka ia berani melangkah dengan pasti. Dengan semangat yang tinggi, ia mulai gencar melakukan promosi dengan mendatangi perusahaan-perusahaan untuk menawarkan imun booster dan vitamin. Dan saat izin keluar Klinik Pratama Medisa pun bisa melayani pengobatan umum, vaksin, Antigen, PCR dan pemeriksaan laboratorium. Klinik ini pun menerima pasien-pasien BPJS.

Keunggulan. Cara yang paling efektif untuk promosi dan meningkatkan kepercayaan pelanggan di masa pandemi, menurut Annisa, adalah secara proaktif menjemput bola dengan melakukan home visit. Jadi ada home service atau home care yang merupakan strategi jitu sekaligus keunggulan Klinik Pratama Medisa. Karena saat itu semua orang lebih banyak di rumah dan enggan untuk keluar rumah, apalagi Pemerintah menerapkan WFH (work from home). Annisa dan suaminya yakin, dengan keunggulan home care yang ditawarkan akan bisa menjangkau pasar yang sangat luas, bisa seluruh Jakarta, tidak cuma wilayah Jakarta Barat saja.

Keseriusan Annisa dalam mengembangkan klinik miliknya, tentu harus didukung tenaga-tenaga medis yang berkualitas dan berpengalaman, serta perangkat klinik yang memadai. Untuk itu, ia pun merangkul dokter-dokter yang berkualitas dan berpengalaman, serta menyiapkan fasilitas klinik yang bagus sesuai dengan kebutuhan pasien.

Sementara dari segi harga, Annisa tidak mematok harga mahal karena ia mengutamakan jumlah pengunjung atau pelanggan yang banyak atau ramai. Ia pun menerima pasien-pasien BPJS. Karena bagi Annisa, berbisnis bidang kesehatan yang utama bukan saja mencari keuntungan, tetapi bagaimana bisa membantu sesama bisa menjadi sehat. Karena itu, pendekatan kepada para pasien dan pelanggan yang diterapkannya adalah secara kekeluargaan. Rasa persaudaraan yang tinggi yang dialami pasien terbukti mampu meningkatkan kepercayaan kepada Klinik Pratama Medisa. Klinik pun kini semakin berkembang dengan pesat dan maju.

Buka Klinik Kecantikan. Meskipun awalnya Klinik Pratama Medisa merupakan klinik umum yang melayani pasien umum, vaksin kebidanan ibu dan anak, pemeriksaan laboratorium, ada juga sunat dengan metode yang modern, ke depan Annisa juga akan membuka klinik kecantikan, yang saat ini sedang dalam persiapan dan promosi. Ia pun berencana dalam waktu dekat akan membuka cabang di beberapa tempat, antara lain yang segera terwujud di Ciracas, Jakarta Timur.

Sebagaimana di awal membuka klinik, begitu pun dengan rencana membuka klinik kecantikan. Annisa dan suaminya, yang merupakan seorang wirausaha bergelut dalam bidang konstruksi, Konsultan Desain, Konsultan IT, termasuk konsultan untuk aplikasi-aplikasi digital, sudah mempersiapkan dengan matang dan penuh perhitungan. Mulai dari Dokter-Dokter Spesialis yang berpengalaman, obat dan produk kecantikan seperti skin care yang sudah teruji BPOM, hingga teknologi dan peralatan pendukung yang memadai.

Annisa sangat yakin klinik kecantikan memiliki prospek yang cerah ke depan. Apalagi saat ini, begitu maraknya tren dan minat masyarakat pada produk skin care, baik yang racikan dokter langsung, maupun yang dijual bebas di pasaran yang umumnya produk dari luar. Annisa dan suami lebih mengandalkan skin care yang diracik oleh dokter klinik sendiri, untuk menjamin keamanan dan keefektifannya. Karena itu, tentu harus melalui pemeriksaan dokter terlebih dahulu, dan pemakaiannya juga di bawah pengawasan dokter.

Annisa juga menegaskan, sebelum cream atau skin care racikan dokter dilepas ke pasaran, terlebih dahulu ia pakai atau uji coba di mukanya sendiri. Dan, klinik kecantikan secara resmi akan launching pada Januari 2023 mendatang.

Perjalanan Karier

Setelah lulus D3 Sekolah Keperawatan, Annisa langsung bekerja di Rumah Sakit Husada sebagai suster perawat selama 6 tahun, terhitung mulai 2008. Namun, setelah menikah ia pun memutuskan resign untuk bisa lebih fokus mengurus keluarga, terutama mendampingi tumbuh kembang kedua putri cantiknya, Naazira Amalia Hafidz (9 th) dan Kanaya Nafisha Hafidz (5 th).

Memasuki masa pandemi, ketika anak-anaknya sudah besar, Annisa dan suami mulai berpikir untuk mencoba menyibukkan diri dengan berbisnis. Apalagi, Annisa sudah cukup lama berdiam diri di rumah dan vakum dari kesibukan kerja sebagai perawat. Maka tercetuslah ide untuk berbisnis bidang kesehatan dan kecantikan yang saat itu sangat cocok di tengah-tengah masa pandemi. Berdirilah Klinik Pratama Medisa, sebagai klinik umum. Annisa yang menjalankan bisnis sementara sang suami memberikan support modal usaha dan konsultan manajemen dan bisnisnya.

Selain usaha klinik, wanita kelahiran Jakarta 16 Januari, yang hobi traveling ini, juga menjalankan usaha kos-kosan. Saat ini ia sudah memiliki usaha kos-kosan, namanya Rumah Kost Granisa. Dan, kini Annisa tidak langsung menangani operasional bisnis-bisnisnya, karena sudah ada orang kepercayaan yang bisa diandalkan. Ia memiliki cukup waktu untuk bersosialisasi dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan, seperti rutin melakukan bakti sosial.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top