Profil

Vera Andy Fatmayuslia: Bersyukur Lewat Caring, Sharing dan Berbagi dalam Kegiatan Sosial

MajalahKebaya.com, Jakarta – Hal sederhana yang membuat hidup lebih bahagia adalah bersyukur. Sesungguhnya selalu ada kemudahan untuk mewujudkan rasa syukur tersebut yang diiringi dengan kebahagiaan dan ketenangan hati. Vera Andy Fatmayuslia, perempuan kelahiran Blitar, 6 Januari, mengungkapkan rasa syukur dengan cara caring, sharing dan berbagi sebagai ungkapan atas limpahan berkah karunia Tuhan sampai ia mampu berada pada tahap sekarang. Semangat ini yang membuat perempuan yang akrab disapa Vera dan merupakan seorang entrepreneur di bidang kecantikan ini tak pernah berhenti berbagi di sepanjang kariernya. Vera percaya seluruh perbuatan baik merupakan sedekah. Jadi selain hal-hal yang bersifat materi yang dibagikan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari, berbagi tentang ilmu atau sharing pengalaman.

“Tidak jarang orang yang datang untuk bertanya tentang pengembangan bisnis saya maupun ilmu yang dimiliki sebagai guidance bagi mereka menjadi next entrepreneur. Dan ketika saya bisa berbagi, hal tersebut menjadi kebahagiaan tersendiri, tidak membuat saya menjadi merugi ataupun menimbulkan hal negatif lainnya. Rasanya ikut senang dan puas ketika melihat orang lain juga bisa sukses dan akhirnya bisa berbagi lagi dengan sesama yang lain, sehingga rantai untuk sharing dan caring tidak pernah terputus.”

Vera yang aktif terlibat dalam berbagai rangkaian kegiatan sosial selalu memiliki pengalaman berkesan dan tersentuh. Apalagi ketika ia mengetahui bahwa bantuan kecil yang diberikan sebenarnya merupakan hal besar bagi orang lain. Berdasarkan pengalaman tersebut, sebagai manusia ia tidak bisa menyamakan standar hidup banyak orang. Sebagai contoh, ketika memiliki uang 100 ribu rupiah dianggap biasa saja, kemungkinan besar 100 ribu itu adalah berkah berlimpah bagi orang lain yang bisa digunakan untuk melanjutkan kehidupan. Secara pribadi Vera seperti diingatkan kembali untuk bersyukur dan berempati terhadap orang lain. Menghindari sikap menghina atau merendahkan karena seremeh apapun bentuknya, baik kebaikan maupun keburukan akan diperhitungkan.

“Saya senantiasa berpendapat bahwa kita tidak bisa bertransaksi dengan Tuhan. Rumusnya hanya satu, semakin banyak memberi segala peluang dan limpahan rezeki dengan sendirinya akan terbuka. Dengan bisa menjadi manfaat bagi sesama maupun lingkungan kita.”

Istri dari Bayu Setyawan yang seorang kontraktor, serta ibunda dari Vafzeta Cara Marghlay Everdeen (3 tahun) ini, merasakan kebahagiaan dan tidak henti-hentinya bersyukur atas derasnya aliran rejeki yang Tuhan berikan. Ketika ia mampu bersyukur atas apa yang dimiliki, Tuhan akan memberikan lebih dan menitipkan lebih banyak lagi.

Berbagi bukan hanya sekadar materi dan uang, tapi merasakan bagaimana penderitaan orang lain dan peduli untuk membantu mereka. Kebahagiaan bukan hanya berasal dari apa yang didapatkan, tetapi apa yang bisa diberikan dengan meningkatkan kerendahan hati dan tetap membumi.

Karier dan Profesi. Vera mengenal dan menyukai bidang kecantikan dan aesthetic jauh sebelum ia memulai usaha. Pilihan dan rencana untuk membuka usaha di bidang ini sudah ada sebelum ia memutuskan untuk resign dari perusahaan sebelumnya dengan jabatan terakhir sebagai Regional Manager. Diungkapkan Vera bahwa kehidupan profesional di perusahaan sebelumnya banyak mengajarkan nilai-nilai hidup maupun skill di mana hal tersebut dijadikan acuan untuk melangkah menuju dunia entrepreneur dan bagaimana membangun sebuah perusahaan. Pengalaman bekerja sama dengan atasan di perusahaan lama sedikit banyak memengaruhi gaya kepemimpinannya dalam menjalankan bisnis.

“Saya banyak belajar dari mereka. Bukan hanya tentang knowledge, skills dan kompetensi, tapi bagaimana kita harus memperhatikan orang lain dari tingkat yang paling bawah dan juga saling berbagi. Peduli, merangkul, penghargaan dan apresiasi serta menciptakan lingkungan yang kondusif agar karyawan menjadi nyaman. Karena jika secara internal nyaman, maka service terhadap customer adalah prioritas mereka.”

Vera memulai bisnis kecantikan dengan satu studio kecil dan fokus sebagai beauty care dengan nama VAF. Modal usaha didapatkan dari saving money selama bekerja dan pinjaman bank sebagai tambahan. Tidak mudah menjalani perpindahan karier dari dunia profesional ke entrepreneur secara langsung. Ia harus prepare untuk kehidupan dan menabung dalam waktu beberapa bulan di saat bisnis belum tentu berjalan mulus. Tak disangka beauty care kecilnya mendapatkan respon yang cukup antusias dari konsumen. Banyak permintaan untuk menambah treatment dan akhirnya beauty care berkembang menjadi klinik kecantikan. Tidak hanya itu, VAF memiliki fokus utama di bidang contouring di antaranya Botox, Filler, Threadlift dan lain-lain.

“Saya merasa senang ada kepuasan tersendiri ketika bisa melihat perempuan lain menjadi cantik dan puas dengan dirinya. Dari clinic awal ini, akhirnya VAF berkembang menjadi tiga klinik selama tiga tahun. Dengan adanya kerja sama dan dukungan dari investor baik dari keluarga dan kolega. Bisnis apapun yang kita kerjakan, pastinya selalu membutuhkan jaringan, saling mendukung dan saling merangkul, melebarkan diri dengan mengenal banyak orang.”

Rasa syukur kembali terucap ketika skincare BPOM VAF keluar dengan akun resmi @vafbeautyofficial yang dipasarkan secara nasional sambil mempersiapkan rencana untuk pengembangan cabang klinik yang keempat di akhir tahun. Saat ini, Vera memasarkan beberapa produk di antaranya VAF Beauty, VAF Shimmer Glow Series, VAF Pink Glow Brightening Serum, VAF Pink Glow Brightening Serum, VAF Acne Clear Serum, VAF 4 in 1 Moisturizer dan VAF Micelar Cleansing Water.

“Memulai bisnis itu mudah, tapi mempertahankannya membutuhkan konsisten dan mental yang kuat. Hiduplah dengan tujuan yang akan membuat kita menjadi terus maju tanpa henti, selalu berbagi dan memberi karena sharing dan caring itu membuat kita mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri dan selalu mengingatkan kita untuk senantiasa bersyukur.”

Inspirasi dan Motivator. Banyak pengalaman dan pembelajaran yang terjadi dalam hidup mulai dari kecil sampai sekarang. Selain selalu berpegang teguh pada perlindungan Allah SWT, banyak orang yang terlibat dalam kesuksesan baik dari keluarga, mentor, teman, mitra kerja, tim maupun customer. Bagi Vera, kondisi paling penting adalah bagaimana bisa taking them with us untuk mencapai sebuah tujuan dan senantiasa melibatkan Tuhan di setiap langkah yang diambil.
Vera bersyukur banyak orang yang berkontribusi dalam kesuksesan dan pencapaian yang diraih. Ia menyadari bahwa pada prinsipnya manusia tidak bisa hidup sendiri apalagi dalam dunia bisnis. Selalu bergantung pada jaringan dan senantiasa berhubungan dengan orang lain adalah kunci utama. Jangan pernah menganggap diri yang paling penting karena masih banyak kepentingan orang lain yang mampu didahulukan.

Di dalam kepemimpinan perusahaan, Vera berusaha untuk mendelegasikan pekerjaan dan memberikan peran penting kepada tim. Memberikan kesempatan bagi mereka untuk memimpin, sehingga mereka mampu berkontribusi lebih dan memberikan ide-ide terbaik demi pengembangan dan kesuksesan perusahaan.

“Dalam dunia usaha, tetap berpegang pada visi, sistem, tetap mengimani di saat lelah dan pada saat orang lain pun tidak peduli. Tetap fokus pada tujuan dan mewujudkannya dengan tindakan. Bukan sekedar teori dan kata-kata agar mampu lebih banyak membantu dan mengangkat hidup orang banyak. We rise by lifting others.”

Info Lebih Lanjut:
PT. VAF CLINIC INDONESIA
Jl. Simomulyo Baru Blok 5G No. 10, Surabaya
081387381555

VAF DERMATOLOGY & AESTHETIC CLINIC
VAF CLINIC SIDOARJO
@vafclinic
Citra Harmoni RKG-31, Taman, Sidoarjo
081222215857

VAF CLINIC SURABAYA BARAT
@vafclinicsurabaya
PTC Mall Ground Floor C3 6-7, Surabaya
081222209688

VAF CLINIC SURABAYA TIMUR
@vafclinicsurabaya
Jl. Pucang Sewu No. 49, Surabaya
082157585756

VAF BEAUTY
Skincare BPOM IG @vafbeautyofficial
081317170177

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top