Profil

Heni Tania, Perempuan adalah Penopang Hidup Bangsa

MajalahKebaya.com, Jakarta – Ketika perempuan dan ibu-ibu Indonesia dalam kondisi baik, mandiri dan berprestasi, maka human capital Bangsa akan baik pula. Jadi sekaranglah kesempatan bagi perempuan untuk mengaktualisasi diri. Demikian ditegaskan socio-preneur cantik, Ketua Diva Baksos dan Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat PPLIPI, Heni Tania.

Perempuan, lanjut Heni, begitu erat kaitannya dengan memperbaiki kualitas generasi penerus bangsa, mengingat perempuan adalah pendidik pertama di dalam keluarga. “Walaupun di era emansipasi seperti sekarang perempuan masih dianggap hanya becus dalam melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan urusan rumah tangga, namun seiring waktu, perempuan mulai bangkit dan berhasil membuktikan bahwa keberadaan mereka layak untuk diperhitungkan. Salah satu contoh di bidang politik dan pemerintahan, perempuan kian diberdayakan dengan ditetapkannya peraturan mengenai kuota 30% untuk keterwakilan perempuan dalam politik.”

Menurut Heni, itu artinya kecerdasan serta kepiawaian perempuan-perempuan Indonesia tidak bisa lagi dianggap remeh karena telah turut berkontribusi langsung terhadap pembangunan dan kemajuan Bangsa. Apalagi, perempuan memiliki banyak keunggulan seperti ketekunan, ketelitian, kesabaran dan ketangguhan untuk mendorong kesuksesan menjadi pemimpin yang baik. “Jadi sesama perempuan harus saling mendukung, saling menginspirasi dan saling memotivasi agar bisa mandiri, berkarya, dan berprestasi terutama di era modern saat ini. Jadikan perjuangan dan spirit RA Kartini sebagai motivasi dan inspirasi untuk membangun diri menjadi lebih berdaya.”

Berbagi dan Sedekah Jalan Meraih Kesuksesan dan Kebahagiaan

Kegiatan berbagi dan bersedekah bagi Heni sudah menjadi panggilan jiwa. Ia mengungkapkan rasa syukur atas semua yang sudah dan akan didapatkannya dalam hidup dari Sang Pencipta, dengan berbagi dan bersedekah kepada sesama. Rasa empati dan welas asihnya gampang tergugah ketika menyaksikan orang lain yang sedang kesusahan dan kesulitan dalam hidup. Tidak segan-segan, ia akan turun sendiri membantu dan menyalurkan bantuan, terutama di masa-masa sulit seperti korban bencana alam, pandemi, hingga masyarakat kecil yang kurang beruntung. Heni berkeyakinan semakin kita memberi semakin kita mendapat kemudahan dalam hidup dan banyak berkah yang didapat, baik dalam keluarga, karier, maupun bisnis.

Lebih-lebih lagi di bulan suci Ramadhan ini. Bulan yang penuh keberkahan, ampunan dan rakhmat serta kasih sayang dari Allah SWT.  Menurut Heni, diwajibkan kepada seluruh orang Islam yang beriman untuk melaksanakan Ibadah Puasa pada bulan Ramadhan dengan tujuan agar menjadi orang-orang yang bertakwa. Hikmah menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan tidak terbatas hanya dengan menahan lapar dan dahaga tetapi juga berkaitan erat dengan amalan puasa seperti bersedekah, itikaf, membaca Al-Qur’an, shalat tarawih, menghindarkan diri dari perbuatan yang haram. “Marhaban Ya Ramadhan! Biarkan Allah SWT membimbing dan melindungi kita semua selama bulan suci Ramadhan, dan marilah kita lebih dekat dengan Allah SWT dengan banyak beribadah kepada-Nya,” lirih Ketua Diva Baksos dan Wakil Sekjen Pengurus Pusat PPLIPI ini, sambil menegaskan sampai kapan pun, ia tetap konsisten dan aktif melakukan kegiatan sosial, baik sendiri, dengan keluarga, maupun bersama organisasi-organisasi yang diikutinya.

Heni yang merupakan istri dri Kombes Polisi Slamet Riyadi, SH.,S.IK.,M.Si., tidak menuntut apalagi memaksa suami mencari penghasilan yang berlebih. Ia menyadari, menjadi polisi itu bukan untuk menjadi kaya, tetapi jadi alat negara agar bisa bermanfaat bagi banyak orang. Begitu pun kepada anak-anaknya, Heni selalu menanamkan pendidikan moral dan etika yang kuat, serta menularkan jiwa sosial seperti dirinya, sehingga kelak mereka bisa menjadi orang-orang yang hebat dan suskses, serta bermanfaat bagi sesama.

“Bagi kami sukses itu jika tidak mendzolimi siapapun dan tidak merampas hak dari pihak manapun. Dengan harapan semoga suami saya bisa berdinas dengan baik tanpa ada banyak tuntutan dari istri.”

Kepada anak-anaknya, Heni selalu menunjukkan dengan tindakan nyata, bahwa berbagi dan membantu orang lain adalah sebuah kewajiban sekaligus jalan untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup. “Tindakan nyata itu adalah sebenar-sebenarnya ajaran terbaik daripada sekedar kata-kata. Mungkin karena anak-anak saya melihat ibunya senang berbagi, maka dengan sendirinya mereka memiliki jiwa sosial dan empati sejak kecil. Kalau sedang bepergian misalnya, kebetulan berpapasan dengan pedagang-pedagang kecil, atau yang sedang kesusahan, otomatis mereka minta berhenti untuk membantu.”

Aktif Berorganisasi Agar Lebih Bermanfaat Bagi Sesama

Selain aktif mengikuti organisasi-organisasi di kepolisian, Heni juga tercatat dalam berbagai organisasi seperti menjadi Ketua Yayasan Peace & Love Jakarta, Ketua Umum Diva Baksos, Wakil Sekjen Bidang Sosial PPLIPI, Wakil Ketua Umum SANI (Selebriti Anti Narkoba Indonesia), Ketua Komisi Sosial Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia.

Lulusan dari Universitas Surabaya, yang juga pengusaha franchise Indomaret dan Alfamart ini, telah menorehkan berbagai prestasi lewat penghargaan yang diraih di antaranya Social Award Dinas Sosial RI, Kartini Award WITT (Wanita Indonesia Tanpa Tembakau), Social Award MNC TV, Pemerhati Sosial dari APPMI (Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia), Penghargaan dari Pondok Indah Fashion Week, Duta Baksos PL Indonesia, Pemerhati Sosial PL Bandung, Pemerhati Sosial PL Semarang, Rekor Dunia MURI (Memasak 1 ton daging untuk anak-anak yatim piatu), Rekor Dunia MURI (bersama PPLIPI memberikan bantuan kepada 7000 pengusaha Mikro & Menengah), Rekor MURI bersama Kodam Jaya & Lions Club, Best Inspiring & Creativity Women Award Winner dan Social Club Awards MNC TV “Diva Baksos”.

Pribadi Heni yang dikenal rendah hati dan aktif melaksanakan kegiatan sosial, karena terinspirasi dari kedua orang tua tercinta. Orang tuanya selalu ringan tangan untuk membantu keluarga, kerabat dan rekanan yang membutuhkan bantuan. Mereka selalu memberikan motivasi agar bersikap lebih baik dalam segala hal, terutama yang berhubungan dengan aksi sosial.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top