Profil

Evy Indahwaty, Berkontribusi Penuh Sebagai Perempuan Berkarakter dan Berkompeten

MajalahKebaya.com, Jakarta – Di era serba maju dan cepat ini, perempuan diharapkan dapat mengikuti perkembangan zaman termasuk teknologi dan informasi. Evy Indahwati, President Director PT. Syera Jaya, Commissioner PT. Tiga Srikandi Indonesia dan Owner Butik Rolla, menjadikan itu sebagai tantangan sekaligus motivasi dalam berkarier. Perempuan tidak hanya berkarier, tetapi menjadi seorang ibu yang melahirkan anak-anaknya. Sementara sekarang adalah zaman teknologi yang serba canggih dan instan, sehingga perempuan harus mengikuti dan mengetahui perubahan apa yang terjadi.

“Kalau ketinggalan bagaimana nanti mendidik anak-anak karena perkembangan sekarang sudah sangat pesat. Kalau kita cerdas, kita bisa melahirkan generasi yang berkualitas dan dapat mendampingi suami. Perempuan sebagai istri dan ibu harus benar-benar menjadi motivasi menjadi tiang negara. Jadi kalau kita tidak ikut pasti ketinggalan. Walaupun nenek-nenek sekali pun harus belajar juga tentang teknologi,” ujar Evy bersemangat.

Kontribusi perempuan saat ini semakin baik dibandingkan zaman dulu, tetapi tetap dibutuhkan perubahan mindset agar perempuan semakin berani untuk bersuara, mengeluarkan pendapat dan berjuang untuk perubahan. Kompetensi yang dimiliki perempuan dan laki-laki, menurut Evy, adalah sama. Namun laki-laki lebih fokus pada satu hal sementara perempuan seringkali dituntut untuk multitasking. Terkadang perempuan yang multitasking memiliki tantangan untuk mengelola emosi dan lebih banyak menggunakan perasaan.

“Perempuan lebih banyak menggunakan perasaan, emosi dan melibatkan hati nurani untuk mengambil suatu keputusan. Sedangkan untuk laki-laki benar-benar pure apa adanya. Perempuan harus banyak mengelola sesuatu dan memastikan semuanya berjalan dengan baik,” jelas Evy.

Perempuan Indonesia memiliki karakter kuat, hebat dan lemah lembut. Banyak perempuan yang tumbuh menjadi pribadi tangguh dan pekerja keras. Namun menurut Evy, perempuan harus mengingat kodratnya sebagai ibu.

“Kita sebagai perempuan harus benar-benar memikirkan bagaimana mendidik anak agar mereka bisa menjadi pemimpin yang mampu memimpin diri sendiri dan keluarganya,” Evy mengingatkan.

Perempuan yang berani melakukan introspeksi diri, memperbaiki akhlak dan menjadi sosok ibu bijaksana untuk anak-anaknya, maka akan dengan mudah memberikan kontribusi untuk bangsa. Kebanyakan perempuan memiliki kemampuan multitasking untuk mengurus rumah tangga dan bekerja bagi yang memutuskan untuk bekerja. Tuntutan besar dan penuh tanggung jawab ini yang seharusnya menjadi perhatian khusus agar perempuan memiliki kesehatan fisik yang prima dan kesehatan mental yang baik.

“Dari perempuan ini nantinya akan lahir cikal bakal generasi yang baik atau buruk. Jadi harus dipikirkan dari kesehatan dan gizi, sehingga ketika melahirkan dengan kondisi normal dan memberikan kontribusi positif untuk bangsa ini. Laki-laki dan perempuan sebagai suami istri harus saling mendukung karena di tangan perempuan ini akan tumbuh generasi muda yang terlibat positif untuk membangun bangsa. Perempuan harus benar-benar bisa mengelola rumah tangga, mendidik anak, mencukupi kebutuhan rumah tangga, smart dan mengelola keuangan dengan baik,” ujarnya.

Entrepreneur Berprestasi. Ibunda dari Sendy Reza Davian, S.T., M.T (ASN Kementerian PUPR) dan dr. Rania Merriane Devina (Dokter di Klinik Beyoutiful dr.Tompi) ini, menanamkan kemandirian dan kontribusi sebagai perempuan dengan mengaplikasikan perjalanan kariernya sebagai karyawan swasta. Buktinya ia berhasil membangun perusahaan sendiri, PT. Syera Jaya, PT. Tiga Srikandi Indonesia dan Butik Rolla. PT Syera Jaya dan PT. Tiga Srikandi Indonesia yang bergerak di bidang pengadaan barang dan jasa mulai dikelola pada tahun 2020 dan 2021. Tentu ini menjadi langkah awal yang menantang ketika seorang profesional harus beralih tanggung jawab sebagai owner bisnis.

“Saya selalu mencari sesuatu yang menantang di setiap karier yang saya jalani. Dua tahun ini saya mengelola bisnis di PT. Syera Jaya dan targetnya adalah perusahaan multinasional dan pemerintah. Alhamdulillah kami sudah dipercaya oleh beberapa instansi pemerintahan dan perusahaan multinasional. Perusahaan kami sempat fokus pada alat-alat kesehatan di masa pandemi kemarin. Lalu di tahun 2021, kami fokus di pengadaan barang dan jasa dan mendirikan PT. Tiga Srikandi Indonesia,” tutur Evy.

Evy mengawali karier cemerlangnya dari nol. Sebelumnya, ia bekerja sebagai staff Customer Service Bank Niaga, berkarier di Adira Finance, Suzuki Finance, Radana Finance Tbk (grup Trakindo) dan hingga dipercaya menjadi CEO di Radana Finance Tbk. Karier Evy sangat baik dan pernah mendapatkan penghargaan 10 CEO Terbaik pilihan karyawan versi Majalah SWA, menjadi CEO Terbaik di bidang multifinance versi Majalah Women Review dan Majalah Obsession. Ia juga sempat berkarier di Adira Finance dan Suzuki Finance tentunya dengan pencapaian yang gemilang dan bermanfaat bagi perusahaan.

“Setelah mencapai puncak karier menjadi CEO, saya punya cita-cita menjadi pebisnis. Setelah tujuh tahun berdedikasi di perusahaan terakhir, saya meminta ijin kepada owner untuk mendirikan perusahaan saya sendiri. Akhirnya hadirlah PT. Syera Jaya, PT. Tiga Srikandi Indonesia dan juga Butik Rolla,” kenang Evy.

Syera Jaya merupakan perusahaan yang digagas oleh para praktisi muda yang memiliki fokus perhatian dan kegiatan pada bidang pengembangan kewirausahaan dalam pemenuhan kebutuhan pangan, papan dan kesehatan. Berbekal kesamaan pandangan, para praktisi muda ini bersepakat untuk terlibat langsung dalam penyediaan dan penyaluran produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan, papan, dan kesehatan bagi masyarakat luas.

Evy sebagai lulusan Diploma Administrasi Bisnis Universitas Jember dan S1  Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Moch Sroedji Jember, berpengalaman dalam menerapkan praktik bisnis terbaik yang meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya pengoperasian dengan meningkatkan produktivitas dan pendapatan sesuai anggaran. Evy juga memiliki sikap profesional dan kemampuan bersikap fleksibel serta menangani perubahan dengan cara yang positif.

“Di dalam berbisnis kita ketemu berbagai macam orang dan dari sana saya belajar bagaimana menjalankan bisnis dengan baik. Jika ada tantangan saya selalu memahami bahwa tidak ada segala sesuatu yang berjalan dengan mulus. Ini menjadi cara saya untuk menambah knowledge dan kompetensi agar dapat berkembang dengan lebih baik lagi,” ungkap Evy berbagi kiat.

Kuat Berkat Orang Tua. Dalam membangun karier dan mengembangkan ide-ide cermerlang, Evy terinspirasi sosok kedua orang tuanya. Ibunda tercinta berhasil membesarkan kelima anaknya ketika Sang Ayah meninggal dunia.

“Kedua orang tua saya adalah sosok yang menginspirasi. Ketika Ayah meninggal dunia, Ibu membesarkan kelima anaknya dengan sukses. Awalnya Ibu tidak pernah sama sekali bekerja, tapi bisa mengusahakan agar kami semua bisa merasakan kehidupan yang baik,” lirih Evy.

Evy juga terinspirasi Pak Robby Johan yang sudah berhasil mencetak pemimpin-pemimpin karena ketegasannya. Sosok tersebut mampu memberikan kontribusi kepemimpinan yang positif meskipun berada di kondisi apa pun.

“Beliau selalu menularkan ilmunya kepada saya dan inspirasi selanjutnya adalah Bapak Stanley Atmadja karena beliau adalah pengusaha sukses yang berawal dari pekerja biasa. Sedangkan kalau tokoh inspirasi dari luar ada Obama yang mengajarkan saya bahwa tidak ada yang tidak bisa kalau kita mau bekerja keras serta bisa menerobos segala sesuatu yang dirasa sulit atau tidak mungkin,” tutup Evy

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top