Profil

Triweka Rinanti, SH., MH, Semangat Persatuan: Membangun Masyarakat yang Lebih Harmonis dan Inklusif

MajalahKebaya.com, Jakarta – Triweka Rinanti, SH., MH., Managing Partner Law Firm Triweka Rinanti & Partner, founder Sirah Travel, biro jasa wisata halal, umrah, dan haji khusus, merupakan satu dari sedikit perempuan hebat sebagai lawyer dan pengusaha sukses, yang merasa bangga bisa tumbuh dan berkembang mengoptimalkan semua potensi diri di alam Indonesia yang penuh warna dan beraneka ragam dalam semangat persatuan dan kebersamaan yang semakin kuat. Menurutnya, meskipun tantangan terhadap persatuan dan toleransi masih ada, seperti polarisasi politik, diskriminasi, dan intoleransi, namun semangat persatuan masih terus hidup dan berkembang, dan ini menunjukkan potensi yang besar untuk membangun masyarakat yang lebih harmonis dan inklusif.

Semangat persatuan, meskipun berbeda, di masyarakat saat ini, lamjut Triweka, dapat dilihat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari interaksi sosial hingga inisiatif komunal yang lebih besar. Ia memberikan beberapa contoh yang menggambarkan semangat persatuan tersebut:

Kegiatan Sosial dan Budaya Bersama: Komunitas yang beraneka ragam seringkali menyelenggarakan acara yang merayakan keberagaman budaya, seperti festival makanan internasional, pertunjukan musik, dan pameran seni. Acara-acara ini membantu membangun jembatan pengertian dan apresiasi antar-budaya.

Inisiatif Solidaritas: Dalam menghadapi bencana alam atau krisis sosial, seringkali masyarakat dari latar belakang yang berbeda-beda bersatu untuk memberikan bantuan baik itu melalui donasi, sukarelawan, atau dukungan moral. Solidaritas ini menunjukkan bahwa perbedaan dapat dikesampingkan demi kemanusiaan.

Pendidikan dan Dialog: Sekolah dan universitas seringkali menjadi tempat di mana semangat persatuan diperkuat melalui pendidikan dan dialog. Program pertukaran pelajar, seminar tentang keberagaman, dan klub sosial yang inklusif adalah beberapa cara di mana institusi pendidikan mempromosikan pengertian dan persatuan.

Media dan Kampanye Online: Media sosial dan platform online lainnya memberikan ruang bagi individu dan kelompok untuk menyuarakan dukungan terhadap persatuan dan inklusi. Kampanye yang mendorong kesadaran dan toleransi terhadap perbedaan seringkali mendapatkan dukungan luas dari masyarakat.

Kolaborasi Lintas Agama: Inisiatif lintas agama, di mana pemuka agama dan pengikut dari berbagai kepercayaan bersatu untuk dialog dan kegiatan sosial, menunjukkan bagaimana persatuan dapat tercipta di tengah perbedaan yang mendalam.

Pemberdayaan Komunitas: Proyek pemberdayaan yang menargetkan komunitas marginal seringkali melibatkan kolaborasi antara berbagai kelompok sosial, menunjukkan bahwa persatuan dapat menjadi alat yang efektif untuk perubahan sosial.

 Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat

 Lebih jauh Triweka menegaskan, untuk mewujudkan Indonesia Emas dengan semangat persatuan dan kebersamaan sebagai energi yang positif, diperlukan upaya kolaboratif antara pemerintah dan masyarakat. Ia memberikan beberapa langkah strategis yang bisa diambil.

Kepada Pemerintah, Triweka menyarankan masukan-masukan yang perlu dilakukan, seperti: Penguatan Pendidikan Karakter dan Kewarganegaraan: Mengintegrasikan nilai-nilai persatuan, toleransi, dan kebhinekaan dalam kurikulum pendidikan untuk membentuk karakter warga negara yang menghargai keberagaman; Pembangunan Inklusif: Memastikan bahwa pembangunan ekonomi dan infrastruktur mencakup seluruh lapisan masyarakat, mengurangi ketimpangan, dan mendorong partisipasi aktif dari semua kelompok.

Selain itu, Regulasi yang Mendukung Keberagaman: Mengesahkan dan menegakkan peraturan yang melindungi hak-hak minoritas dan menghukum diskriminasi serta ujaran kebencian; Peningkatan Dialog Antar-Komunitas: Menyelenggarakan forum-forum dialog antar-etnis, agama, dan kelompok sosial untuk membangun pemahaman dan menyelesaikan konflik secara damai; Pemberdayaan Ekonomi Lokal: Mendukung ekonomi lokal melalui kebijakan yang memungkinkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berkembang, menciptakan lapangan kerja, dan meratakan kesempatan ekonomi.

Dan, kepada masyarakat, Triweka memberikan beberapa pandangannya, antara lain: Pengembangan Inisiatif Grassroots: Mengembangkan proyek-proyek komunitas yang memperkuat jaringan sosial, seperti kelompok belajar, pengembangan keterampilan, dan acara budaya yang merayakan keberagaman; Partisipasi Aktif dalam Kegiatan Sosial dan Budaya: Terlibat dalam kegiatan yang mempromosikan pengertian dan kerjasama lintas budaya untuk memperkuat tali persaudaraan.

Triweka juga menekankan agar masyarakat memanfaatkan Media Sosial sebagai Alat Positif: Menggunakan media sosial untuk menyebarkan pesan-pesan positif tentang kebersamaan, toleransi, dan persatuan, serta melawan narasi yang memecah belah. Juga nilai kemanusiaan yang perlu terus ditumbuhkan, Voluntarisme dan Filantropi: Mendorong kegiatan sukarelawan dan sumbangan untuk program-program yang mendukung kelompok marginal dan memperkuat infrastruktur sosial komunitas.

Dan yang tak kalah penting, Dialog dan Pendidikan Seumur Hidup: Mendorong diskusi terbuka tentang isu-isu keberagaman dan inklusivitas, serta mengikuti pendidikan nonformal untuk terus memperluas pemahaman dan empati.

Menurut Triweka, dengan menggabungkan upaya Pemerintah dalam pembuatan kebijakan dan infrastruktur dengan inisiatif masyarakat yang berakar pada kepedulian dan partisipasi aktif warga, semangat persatuan dan kebersamaan dapat menjadi fondasi kuat bagi Indonesia Emas. Keberhasilan membangun sinergi ini akan membawa dampak signifikan dalam memperkuat ketahanan nasional, memajukan pembangunan, dan meningkatkan kualitas hidup seluruh warga Indonesia.

Harapan sebagai Warga Masyarakat

Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, harapan Triweka sebagai rakyat Indonesia ke depan bisa mencakup berbagai aspek yang bersifat multidimensional, mencerminkan keinginan untuk pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Beberapa harapan tersebut antara lain: Stabilitas Politik dan Pemerintahan yang Bersih: Harapan akan adanya pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan jauh dari korupsi. Stabilitas politik yang kondusif untuk pembangunan serta sistem demokrasi yang kuat dan partisipatif menjadi dambaan.

Triweka juga mendambakan Pembangunan Ekonomi yang Merata: Pertumbuhan ekonomi yang tidak hanya tercatat dalam statistik, tetapi juga terasa manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat, dari perkotaan hingga pedesaan, dengan pengurangan ketimpangan ekonomi yang signifikan; Pendidikan Berkualitas dan Terjangkau: Pendidikan tidak hanya berkualitas dan mampu bersaing di kancah internasional, tapi juga inklusif dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, menjadi salah satu harapan besar; Kesehatan Masyarakat yang Terjamin: Sistem kesehatan yang memadai, terjangkau, dan dapat diakses oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk peningkatan fasilitas kesehatan dan kualitas layanan medis.

Selanjutnya, Perlindungan Sosial yang Kuat: Jaring pengaman sosial yang kuat untuk melindungi kelompok rentan dan masyarakat miskin, termasuk program bantuan sosial, asuransi kesehatan universal, dan pensiun; Keberagaman yang Dihargai: Penghargaan yang lebih besar terhadap keberagaman etnis, budaya, agama, dan sosial, serta penguatan identitas nasional yang inklusif dan harmonis; Sistem Hukum yang Adil dan Efektif: Harapan terhadap penegakan hukum yang tidak diskriminatif, cepat, dan adil, dengan sistem peradilan yang independen dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

Juga yang penting diperhatikan, Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan: Pengelolaan sumber daya alam yang bertanggung jawab untuk memastikan keberlanjutan lingkungan hidup dan keuntungan ekonomi bagi generasi sekarang dan generasi yang akan datang; Infrastruktur yang Memadai dan Modern: Pembangunan infrastruktur yang merata dan modern, termasuk transportasi, sanitasi, dan akses internet, yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup; Peran Indonesia di Kancah Internasional: Peningkatan peran dan pengaruh Indonesia di kancah internasional, baik di kawasan ASEAN maupun global, dalam berbagai bidang seperti diplomasi, ekonomi, dan pelestarian lingkungan.

Harapan-harapan ini, memurut  Triweka, juga mencerminkan aspirasi seluruh rakyat Indonesia untuk menciptakan negara yang lebih maju, adil, makmur, dan berkelanjutan, di mana setiap warganya dapat merasakan keadilan, kesejahteraan, dan kebanggaan sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Sirah Travel: Biro Jasa Wisata Halal, Umrah, dan Haji Khusus, Kolaborasi dengan Padi Reborn

Pada tahun 2016, Triweka mendirikan PT Pelita Kencana Buana, perusahaan yang bergerak di bidang biro jasa wisata halal, umrah, dan haji khusus. Dengan mengusung brand Sirah Travel, menghadirkan biro jasa wisata yang siap bersaing di berbagai macam produk wisata halal dalam dan luar negeri serta perjalanan ibadah umrah dan haji khusus.

Sirah diambil dari bahasa Arab (Siroh) yang berarti Sejarah. Ini berarti bahwa Sirah Travel tidak hanya memberikan pelayanan wisata halal, ibadah umrah dan haji yang maksimal, namun juga pengetahuan sejarah dan hikmah sehingga setiap perjalanan wisata begitu bermakna. Artinya Sirah Travel mengandung makna ‘Mengajak menyusuri sejarah Rasulullah’.

Dengan mengusung tagline ‘Sobat Perjalanan Anda’ Triweka berharap Sirah Travel menjadi biro jasa wisata dan ibadah umrah haji yang legal dengan pelayanan profesional dan bermakna. Karena itu, ia dan tim managemen sangat fokus pada misi: Memberikan pelayanan wisata halal yang memuaskan, inspiratif, dan penuh makna; serta Mengantarkan jamaah umrah haji kepada kemabruran dengan hikmah dalam setiap perjalanan.

Jasa Layanan Sirah Travel. Sejauh ini, jasa layanan yang ditawarkan Sirah Travel sangat lengkap. Yaitu, Paket Layanan Umrah & Haji yang terdiri atas Paket Umrah Ekonomis, Paket Umrah Reguler, Paket Umrah VVIP, Paket Umrah Lanjutan (Turki, Dubai, Aqsha, Cairo, Maroko, Spain), Paket Haji Khusus (Plus), dan Paket Haji Furoda (Langsung Berangkat). Paket Layanan Wisata Halal yang terdiri atas Paket Wisata Domestik, Paket Wisata Internasional, dan Paket Wisata Study Tour. Juga Jasa Layanan Dokumen Perjalanan, yaitu Pembuatan Paspor dan Visa, serta Reservasi Tiket dan Hotel.

 Band Padi Reborn. Dalam bisnis Sirah Travel, Triweka bersama-sama dengan beberapa personil band Padi Reborn bukan dalam rangka endorsement. Yoyo Padi (Surendro Prasetyo) sebagai Diektur Utama, Fadly Padi (Andi Fadly Arifuddin) sebagai Direktur Operasional, dan Rindra Padi (Rindra Risyanto Noor) sebagai Direktur Marketing Sirah Travel. Bahkan ketiganya sudah menjadi tour leader. Sehingga menurut Triweka, ini merupakan kelebihan dari Sirah Travel di mana Yoyo, Fadli, dan Rindra terjun langsung untuk melayani jemaah walaupun mereka tidak setiap saat bisa menemani jemaah saat keberangkatan dikarenakan kesibukannya bermusik.

“Di samping Umroh dan Haji ada juga wisata halal.. seperti ke Turki dan Yerusalem. Wisata halal itu khusus untuk yang beragama Islam, dan destinasinya juga ke Negara-negara yang mayoritas muslim. Yang diutamakan dari wisata itu adalah beribadah jadi pasti mampir ke masjid,” jelas Triweka yang juga menegaskan bahwa travel miliknya ini juga menerima yang non muslim yang hendak bepergian ke negara lain seperti Jepang, Thailand, Yerusalem dan lainnya.

Keunggulan Sirah Travel milik Triweka, antara lain saat Ibadah Haji dan Umroh, kepada peserta diberikan informasi dan pengetahuan berupa sejarah-sejarah tempat-tempat yang dikunjungi, juga ada napak tilas dari sejarah-sejarah Rasul dan Nabi yang mungkin di travel lain belum ada.

Pada pertengahan tahun 2023 lalu, Sirah Travel sudah melaksanakan gebyar keberangkatan jemaah umroh, berjumlah sekitar 159 jemaah. Menurut Triweka, keberangkatan ini sangat spesial karena Yoyo, Fadly, dan Rindra Padi Reborn ikut serta. “Selain itu, beberapa waktu lalu, sudah melakukan tour ke Turki,” ujar istri dari Ir. Wisdarmanto Gito Sayono, seorang Kontraktor, dan ibunda dari Amalita Putri Yustisi, B.ed (ECE/ Steiner) dan Hapsari Rahayu Samudraningsih, B.A (Psychology), yang keduanya saat ini tinggal di Auckland – New Zealand.

Info Lebih Lanjut:

Sirah Travel

Kantor Pusat:

Menara Bidakara 2 Lantai 9

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 71 – 73 Menteng Dalam, Jakarta Selatan 12810

Kontak:

Phone: +62 21 83708749

Email: sirahtravel.id@gmail.com

www.sirahtravel.id

IG: @sirahtravel

TRIWEKA RINANTI & PARTNER

Graha Mustika Ratu Lt.7

Jl.Gatot Subroto Kav.74-75 Pancoran 12870

Handphone: 08129503763

Telp: 021- 83707140

Fax: 021- 83707141

Email: triweka_wiwiek@yahoo.com

Website: www.triweka.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top