Profil

Rossa, Sukses Memberikan Peluang Usaha Kepada Perempuan Indonesia

MajalahKebaya.com, Jakarta – Penyanyi bersuara merdu dan pengusaha cantik pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani atau akrab disapa Rossa, tidak hanya dikenal sebagai public figure yang mendunia, tetapi seorang entrepreneur yang memiliki jiwa pantang menyerah. Buktinya ia berhasil mengembangkan berbagai lini bisnis, salah satunya Rosa Beauty.

Rosa Beauty terbentuk karena keinginan mengajak perempuan Indonesia yang aktif di sosial media untuk memanfaatkan fitur-fiturnya sehingga bisa menghasilkan dan membantu perekonomian keluarga. Rossa kemudian memutuskan untuk membangun sistem keagenan. Melalui Rossa Beauty akhirnya ia merilis fragrance mist dan parfum, dengan wangi yang sesuai keinginannya.

Pada proses development fragrance mist ini, Rossa secara langsung terlibat dalam pemilihan bahan dan pengembangan setiap aroma yang memancarkan kehangatan, kelembutan dan kemewahan. Parfumnya tersedia dalam lima varian, yaitu: Sunrise, Sunset, Twilight, Aurora dan Nightfall yang membawa pengguna pada perjalanan emosional dan berhubungan dengan keindahan transisi alam.

Seiring waktu, Rossa kemudian juga banyak menawarkan kosmetik di antaranya lipstick, lip matte dan lip youth yang berfungsi sebagai moisturizing dan memberikan nutrisi kepada kulit bibir serta menjaga agar tetap sehat meskipun dipakai seharian.

“Saat itu produk pertama yang dirilis adalah parfum. Rilis sekitar tahun 2016 kemudian disusul oleh lipstik. Produk yang digunakan untuk kosmetik sangat hati-hati. Saya benar-benar mencoba produknya untuk digunakan ketika nyanyi sampai benar-benar merasa nyaman baru disetujui untuk langsung diproduksi. Begitu juga dengan parfum, saya harus yakin dulu bahwa produknya memang sebagus itu.”

Mantap Hadapi Persaingan Bisnis. Tidak ada bisnis yang tumbuh dan berkembang tanpa persaingan, seperti yang dirasakan Rossa. Meskipun sudah memiliki nama besar dan dikenali segala lapisan masyarakat, bukan berarti bisnisnya berjalan mulus. Menurut Rossa, ia harus menghadapi persaingan bisnis yang cukup banyak. Ia harus bersaing antara selebritis dan produsen yang bukan berasal dari kalangan selebritis. Namun persaingan ini justru membuat Rossa semakin fokus pada pengembangan Rossa Beauty.

“Kami fokus pada pengembangan Rosa Beauty. Tetap saja kembali lagi harapannya produk Rossa Beauty ini bisa memberdayakan banyak perempuan hebat karena saya yakin semuanya dapat menambah penghasilan setiap hari.”

Strategi marketing yang diterapkan untuk mengembangkan produknya melalui pembinaan kepada membership, menjaga kualitas produk, menghitung dengan cermat potongan diskon dan membatasi jumlah produk yang diproduksi dengan cara menawarkan pre order kepada konsumen dibandingkan langsung memproduksi barang-barang yang susah untuk dijual.

Produk-produk Rossa Beauty dipasarkan di beberapa tempat di antaranya kerja sama dengan beberapa outlet, market place dan melalui member Rossa Beauty yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Samarinda, Sumatera Utara, dan Pekanbaru.

Dalam upaya melebarkan sayap bisnisnya, Rossa berharap dapat membuat Rossa Beauty semakin dikenal luas dari segala lapisan masyarakat. Selain itu, rencananya di bulan ini ia akan meluncurkan varian fragrance mist dan parfum dengan wangi-wangian terbaru.

Aktif Berbisnis Tetap Jaga Kualitas Waktu Bersama Keluarga. Rossa bersyukur di tengah jadwal manggung yang padat dan upaya meningkatkan kualitas produk, ia memiliki manajemen yang solid dan sangat mendukung karirnya.

“Kebetulan semuanya sudah memiliki manajemen masing-masing. Jadi saya terbantu sekali dalam menjalankan bisnis karena ada manajemen yang sudah profesional. Makanya saya hanya perlu manajemen waktu, tapi yang paling penting waktu untuk pribadi dan keluarga.

Kemandirian Finansial bagi Perempuan Indonesia. Kemandirian finansial, bagi Rossa bagaimana caranya dapat menyimpan dan memutarkan uang, sehingga modal yang dimiliki dapat berkembang. Tidak hanya laki-laki, perempuan diharapkan dapat bekerja dan menghasilkan agar dapat mencukupi kebutuhan pribadi atau pun keluarga. Perempuan dapat mengedepankan kemerdekaan finansial agar dapat membantu perekonomian keluarga.

“Jika kita bisa menghasilkan uang sendiri, kita tidak akan sungkan atau merepotkan minta ke pasangan untuk memberikan uang ke keluarga. Karena itu untuk perempuan Indonesia harus percaya diri. Jangan berhenti belajar dan semangat terus. Saya yakin perempuan Indonesia punya kekuatan yang hebat dan saling bekerja sama satu dengan lain. Ini adalah kunci kesuksesan dalam berkarier dan berbisnis.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top