Profil

Kalisa Putri, Raih Prestasi di Kancah Internasional Berkat Dukungan Sang Ibu

MajalahKebaya.com, Jakarta – Pencapaian yang luar biasa membanggakan diraih perempuan cantik multi talenta, Kalisa Putri. Mahasiswa Magister Hukum Universitas Trisakti Jakarta ini, merupakan model profesional, presenter, ratu kecantikan, social activist dan pemeran sinetron FTV Indonesia.

Saat ini Kalisa Putri menjabat sebagai Miss Asia Indonesia 2023. Pada pertengahan 2024 mendatang ia mengakhiri masa jabatannya. Kalisa Putri juga memiliki beberapa gelar yaitu Miss Model Celebrity 2016, Puteri Pewarta Indonesia 2016, Miss Tourism Journalist Indonesia 2020, Miss Asia National Costume 2023, Miss Asia International 2023 TOP 10.

Putri juga pernah meraih Juara 1 Penembak Tercantik 2014 (Kopassus Cup Jakarta), Model Majalah Wajah Femina 2014, Top Wajah Femina 2014, Social Club Awards 2019 by MNC Channel TV, Duta Anti Narkoba 2020 dan Ambassador Art Spices Indonesia 2023.

Baru-baru ini Kalisa Putri menjadi Delegasi Indonesia dalam kontes kecantikan internasional Miss Asia International 2023 yang dilaksanakan di India pada 8 – 14 November 2023, dengan kontestan dari berbagai negara Asia dan Eurasia (Eropa – Asia).

Kecantikan, kecerdasan, dan bakat Kalisa Putri memang luar biasa. Bakat menari pun dimilikinya, sehingga beberapa waktu lalua ia menari tradisional Bali di panggung Talent Show Miss Asia International.

“Saya memiliki bakat menari sejak lama, saya bisa membawakan beberapa jenis tari, dan saya senang sekali bisa mempresentasikan budaya Indonesia Tari Bali di panggung Miss Asia. Setelah saya menari, teman-teman dan para juri mengucapkan selamat. Saya jadi ingin pergi liburan ke Indonesia,” ucap Kalisa.

Kalisa Putri selalu tampil memesona selama karantina Miss Asia International berlangsung. Beberapa outfit yang dikenakan membuat penampilannya cantik dan memukau. Penampilan Kalisa Putri juga memukau di panggung show National Costume hingga ia menang meraih gelar Miss Asia National Costume 2023, dan menjadi TOP 10 Miss Asia 2023.

Pada saat di panggung show National Costume, Kalisa Putri membawakan karakter Ratu Majapahit yang telah ia pilih dan request design sendiri yang dipercayakan pada designer ternama Angga Arisman.

Filosofi dan History National Costume. Kalisa Putri mengangkat filosofi dan history dari show National Costume yang diberinya nama Tunggadewi – The Magnifienct of Queen  Majapahit. Tribhuawana Tunggadewi adalah seorang wanita yang bertakhta sebagai Raja di Majapahit, kerajaan terbesar di Indonesia yang terletak di Mojokerto Jawa Timur. Ratu tercantik Majapahit penakluk Nusantara, yang merupakan pionir dalam usaha perluasan Nusantara.

Terlepas dari perannya sebagai Raja, Tribhuawana Tunggadewi tak gentar untuk menangani pemberontakan secara langsung pada saat pemerintahannya. Dalam hal ini sejatinya wanita pun memiliki kekuatan untuk dirinya maupun orang yang ada di sekitarnya.

Bernama lengkap Tribhuwana Tunggadewi Maharajasa Jayawisnu Wardhani adalah Raja sekaligus Ratu karena menggantikan Sang Ayah dan Ibu setelah meninggal, yaitu Raden Wijaya dan Gayatri pada tahun 1328. Ratu penguasa terkuat Kerajaan Majapahit ini, dikenal ratu tercantik dan paling pemberani ketika menjadi Panglima dalam memimpin perang. Sang Ratu jyang juga menjabat sebagai Raja ini memulai perluasan wilayah Nusantara sejak era pemerintahannya. Tunggadewi pula yang telah mengangkat Gajah Mada menjadi Mahapatih Majapahit.

Inilah Kemaharajaan Hindu Budha terakhir yang menguasai Nusantara dan dianggap sebagai monarki terbesar dalam sejarah Indonesia. Menurut Negarakertagama, kekuasaannya terbentang dari Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Filipina (Kepulauan Sulu), Manila (Saludung), Sulawesi, Papua, dan lainnya.

Perjalanan Karier yang Penuh Perjuangan. Bagi Kalisa Putri, semua pencapaian dan prestasinya diraih melalui perjuangan yang tidak mudah. Ia mengawali karier ketika kuliah di Jakarta. Di waktu yang kosong, ia memiliki keinginan untuk lebih produktif dan memiliki penghasilan sendiri.

“Saya mengikuti casting dan Alhamdulillah dipanggil untuk recasting atau test foto dan lolos mendapatkan job pertama yaitu photoshoot untuk katalog brand baju casual dan busana muslim. Saya yang tidak memiliki pengalaman modeling sama sekali benar-benar merasa bersyukur, merasa harus banyak bertanya dan belajar secara otodidak.”

Setelah kesempatan emas yang diperoleh, selang beberapa waktu ada beberapa manajemen artis dan model yang meminta untuk bergabung. Kalisa Putri memutuskan untuk bergabung. Ia mulai mengerjakan job syuting, fashion show dan photoshoot di sela-sela masa perkuliahan. Di waktu yang bersamaan, pehobi membaca, modeling dan traveling ini, mulai mengikuti audisi model dan kontes kecantikan.

Gadis cantik nan langsing kelahiran Jawa Timur, 2 Agustus ini, menyadari untuk menjadi pemenang dalam kontes kecantikan membutuhkan keyakinan dan kerja keras, apalagi tingkat internasional. Kontes kecantikan adalah kompetisi yang fokus pada kecantikan fisik dan digabungkan dengan kecantikan kepribadian, keahlian bakat, kecerdasan dan jawaban atas pertanyaan juri sebagai kriteria penilaian. Kalisa harus memenuhi semua kriteria yaitu cantik, cerdas, good attitude, berwawasan luas, public speaking yang baik, dan masih banyak lagi.

“Saya berada di titik ini juga tidaklah mudah, apalagi dengan background keluarga yang agamis. Sehingga kurang adanya dukungan dari keluarga bahkan saat itu ditentang keras karena dianggap unfaedah. Ini yang belum pernah saya ungkap. Hanya saya yang out of the box di keluarga, dan mungkin hanya saya yang tidak mendapat dukungan dari keluarga saat itu. Sedangkan kontestan lain mereka semua didukung penuh oleh keluarganya baik secara moril atau materi. Tapi saya yakin dan tidak mau putus asa, tetap excited dengan usaha dan doa. Alhamdulillah dengan ikhtiar apa yang saya lakukan berjalan dengan baik. Saya melakukan semua dengan hati. Ada niat maka ada 1000 jalan, tapi jika tak ada niat maka ada 1000 alasan.”

Akhirnya Kalisa mendapatkan dukungan dari keluarga setelah melalui waktu yang panjang. Baginya, dukungan Sang Ibu sudah sangat cukup karena doa dan ridho yang ia butuhkan. Kalisa berhasil membuktikan keseriusannya dan keluarga melihat hasil kerja kerasnya terutama ketika ia bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Di momen spesial Hari Ibu pada 22 Desember Kalisa Putri menulis curahan hatinya bagi Sang Ibu tercinta.

 …. Doa ibu sepanjang masa. Cinta dan kasih sayang ibu tidak ada yang bisa menandingi di dunia ini. Ibu adalah malaikat tanpa sayap. Ibu adalah malaikat yang memelukku dan menerima setiap saat, dalam keadaan apapun suka maupun dukaku. Terima kasih atas cinta, kasih sayang dan perjuanganmu selama ini. Love you ibuku!…

Impian dan Harapan Terbaik. Berjiwa muda, energik dan penuh harapan membuat Kalisa tidak pernah berhenti merancang impian dan target di masa depan. Ia memiliki banyak keinginan untuk dicapai dan juga cita-cita agar dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Kalisa meyakini ketika memiliki goals, maka harus fokus, yakin dan percaya bahwa ia bisa melakukannya. Jika ragu dengan diri sendiri bagaimana orang lain akan percaya. Bagaimana semesta akan mendukung kita kalau kita tidak yakin dengan diri kita sendiri. Dalam berkompetisi harus yakin bahwa kita bisa dan berusaha maksimal. Urusan nanti menang atau tidak itu sudah garis tangan kehendak Tuhan.

Di tahun 2024 mendatang, Kalisa Putri berharap bisa terus upgrade diri menjadi lebih baik lagi, tercapai semua cita-cita, menjadi sukses dan terus bisa berkontribusi dan menginspirasi buat sesama. EK

 Kontribusi Aktif di Berbagai Organisasi

Selain terus mengasah kemampuan diri untuk mencapai target pribadi, Kalisa juga terlibat di berbagai organisasi sosial untuk berkontribusi secara aktif. Beberapa di antaranya sebagai Pendiri dan Ketua Komunitas Perempuan Peduli Kasih Jakarta, Kepala Bidang Sosial Selebriti Anti Narkoba Indonesia (SANI), Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan, Rumah Milennials, Diva Bakti Sosial Jakarta, Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Jakarta Pusat, Pengurus Pusat WITT (Wanita Indonesia Tanpa Tembakau), Pengurus Pusat PPK (Perempuan Peduli Keadilan), Anggota Kebaya Foundation Indonesia, Anggota Komunitas Sosial Jakarta With Love (JWL).

Kalisa Putri juga menjabat sebagai Kepala Komisi Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) DKI Jakarta dengan Ketua Umum Indah Surya Dharma Ali. “Kami mengadakan acara Peduli Kasih pada Selasa, 5 Desember lalu. Pada 10 Desember diadakan pelantikan PPLIPI di Gedung DPR RI,” ujarnya bangga. Sementara di tengah kesibukan yang padat, Kalisa masih sempat menjalankan peran sebagai entrepreneur untuk bisnis clothing dengan label Girl Boss.

Menurut Kalisa Putri, kesetaraan peran perempuan di Indonesia sebetulnya telah diperjuangkan sejak masa Ibu Kartini. Kisah perjuangannya pun terus digaungkan setiap tahun untuk membangun kesadaran betapa pentingnya peran perempuan.

Kalisa belajar dari sosok inspiratif yaitu RA. Kartini. Menurut pandangan Kalisa, RA. Kartini adalah salah satu pejuang emansipasi perempuan di Indonesia, terutama dalam hal pendidikan. Perjuangannya dalam memajukan perempuan di Indonesia luar biasa. Jaman dulu kedudukan perempuan pribumi masih tertinggal jauh dan memiliki status sosial yang sangat rendah, dibanding pola pikir perempuan Eropa, khusunya Belanda. Hingga kemudian RA.Kartini mulai berpikir untuk berusaha memajukan perempuan di Indonesia dengan kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki.

“Kita perlu adanya role model yang bisa memegang peran penting untuk memacu semangat dalam upaya mencapai kesetaraan gender yang memberikan manfaat yang besar dan penting dari sisi ekonomi, politik, seni, budaya dan kualitas hidup masyarakat. Kepada para perempuan, teruslah berjuang menjadi inspirasi dan role model yang baik di sekeliling kita,” tandas Kalisa yang saat ini sedang mengambil S2 Master of Law Angkatan 2003 di Universitas Trisakti Jakarta.

Sementara tantangan yang dihadapi perempuan, menurut Kalisa tidaklah sedikit. Banyak isu-isu mengenai diskriminasi gender yang menjadi perbincangan dan perhatian khusus. Diskriminasi gender terutama perempuan, perlakuan tidak setara yang ditujukan pada gender tertentu. Misalnya perempuan diberikan posisi yang lebih rendah dalam masyarakat, sehingga rentan mengalami kekerasan, sulit meraih pendidikan tinggi, dan hidup mandiri.”

Diungkapkan Kalisa, kemajuan teknologi yang begitu pesat, selain merupakan tantangan tersendiri bagi kaum perempuan, juga banyak sekali dampak positif hidup di era digital saat ini. Antara lain memberi kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dan menyebarluaskan hal-hal positif dan berguna. Kemajuan teknologi juga menjadi penghubung komunikasi untuk semua orang di berbagai penjuru dunia, termasuk sebagai sarana untuk mengembangkan dunia pendidikan, karena setiap siswa bisa mengakses pengetahuan dan meningkatkan wawasan mereka secara lebih mudah.

“Peran teknologi sangat penting, apalagi saya mengelola chloting brand untuk penjualan offline dan online. Saya juga melakukan promosi melalui sosial media karena sebagai brand ambassador iklan, endorsement, dan membagikan kegiatan positif serta tulisan melalui sosial media.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top